Friday , September 24 2021
Home / Berita Kampus / Buat Matematika menyenangkan dengan Aplikasi

Buat Matematika menyenangkan dengan Aplikasi

Era 4.0 merupakan era digital dimana semua hal bisa diakses dalam satu sentuhan lewat Android. Tidak bisa kita pungkiri semua aspek dalam kehidupan kita mengalami peralihan dari manual ke digital, begitu pula dalam dunia pendidikan. Ahli teori pendidikan menggambarkan Revolusi Industri 4.0 sebagai suatu bentuk integrasi teknology syber baik secara fisik maupun non fisik dalam pembelajaran. Keterampilan membaca peluang dimana pemanfaatan teknologi dalam bentuk pembelajaran merupakan suatu upaya membawa pembelajaran yang menyenangkan sehingga mampu diterima dengan baik oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran selain sebagai proses tranfer pengetahuan juga sebagai sarana eksplorasi kreativitas dan skill non akademik peserta didik. Masa Pandemi covid-19 yang sudah dimulai sejak pertengahan maret 2020 lalu tentunya membawa sebuah perombakan besar dalam sistem pembelajaran yang awalnya pembelajaran tatap muka menjadi media utama, kini harus digantikan dengan pemebelajaran terbatas bahkan full dengan pembelajaran daring (dalam jaringan).

Kemampuan kolaborasi, komunikasi yang dahulu dibangun lewat tatap muka intensif harus diganti dengan pola komunikasi virtual yang tentu saja harus dibarengi dengan kemampuan Pendidik¬† untuk “melek teknologi”. saat ini literasi teknologi dan informasi harus mulai dipelajari dan dikuasai oleh pendidik. Jika pada dekade sebelumnya informasi yang didapatkan dari internet hanya digunakan sebagai referensi dalam penyajian materi, Maka saat ini teknologi dan informasi mulai dimanfaatkan sebagai media Pembelajaran.

Beberapa Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, dalam Program Praktik Lapangan membuat berbagai aplikasi pembelajaran Matematika yang bisa di gunakan lewat Android. berikut beberapa Aplikasi yang dibuat oleh Istiqomah (Perbandingan), Suen (Edumathquiz), Rahayu (BeSmath), Dian (Media PLSVPT)

 

About Admin Prodi

Check Also

Kuliah Umum Prodi Pendidikan Matematika

Kuliah umum matakuliah “ilmu Bilangan” yang akan diselenggarakan pada senin, 28 juni 2021 dengan media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *